BUKU BESAR DAN NERACA SALDO

BUKU BESAR DAN NERACA SALDO

A. PENDAHULUAN

Bukti pencatatan pertama – tama akan dicatat dalam sebuah buku yang dinamakan jurnal. Catatan dalam jurnal tersebut secara kronologis dipindahkkan ke rekening buku besar. Setelah akhir periode akuntansi maka saldo rekening – rekening buku besar tersebut disusun ke dalam suatu daftar yang dinamakan neraca saldo. Neraca saldo disini berfungsi sebagai alat pengontrol catatan dalam rekening buku besar.

B. BUKU BESAR

1. Pengertian Buku Besar

Setiap bukti transaksi yang sudah dibuatkan bukti pencatatannya ( bukti jurrnal ) akan dicatat dalam jurnal , selanjutnya secara kronologis dibukukan kedalam rekening. Kumpulan dari rekening tersebut dinamakan buku besar. Pencatatan dari jurnal ke rekening buku besar dinamakan posting.

2. Bentuk Rekening

Ada beberapa bentuk rekening diantaranya :

a. Rekening  berbentuk T (T account )

Bentuk ini berbentuk bentuk yang paling sederhana yang menyerupai huruf T. Bentuk ini mempunyai dua sisi yaitu sisi debit dan sisi kredit. Bentuknya adalah seagai berikut :

Selengkapnya Dapat Download File BUKU BESAR DAN NERACA SALDO

About mohsetio

pengalaman kerja sebagai , supervisor tim balesine FE UI Jakarta survey word bank di jateng, saleman devisi roda dua suzuki, karyawan kopma uns, guru man 2 surakarta, guru SMA Batik 1 SKA , tentor nurul ilmi, tentor ganrsha excat, tentor bulaksumur asosiation, tentor primagama, tentor best, penulis majalah didik. Lihat semua pos milik mohsetio

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: